Gitar Sebagai Bentuk Aplikasi dari Peristiwa Resonansi Gelombang Buni

gitar-akustik\

Di artikel saya  ( Yusuf Yunadian) sekarang ini , akan membahas tentang gitar. kenapa sih gitar? tidak drum atau bass atau alat musik lainnya, atau mungkin bukan alat musik yang dibahas?? Karena sebenarnya artikel yang saya publish ini semata-mata untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Praktikum Fisika Dasar (insyallah saya membuat artikel ini dalam keadaan ikhlas), kebetulan saya mendapat bagian untuk membahas “Resonansi Gelombang Bunyi” nah disini jawaban kenapa saya memilih alat musik, dan memilih gitar sebagai subjeknya. karena gitar disini merupakan bentuk pengaplikasian dari Peristiwa RGB.

Gitar merupakan alat musik yang paling banyak dipakai oleh musisi-musisi musik di seluruh dunia, karena dalam pemakaiannya yang mudah dan juga nada yang dihasilkan cukup mudah untuk dibuat melody (satu kesatuan dari nada).Kalo kalian merasa pencinta musik sejati pasti kalian tahu dia,

photo

 

ya Sungha Jung namanya, ia merupakan anak muda atau musisi gitar yang sangat pandai dalam hal melantunkan gitar dengan petikan-petikannya yang sangat lincah. Dia sebagai contoh orang yang mengabdikan kehidupannya dalam persitiwa Resonansi Gelombang Bunyi.

Oke cukup basa-basinya, dari tadi kita terus saja bahas tentang gitar-gitar-gitar, sampai ke pemain gitarnya. Sekarang kita bahas RGB. Apa sih RGB itu? RGB (Resonansi Gelombang Bunyi) adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena ada benda lain yang bergetar dan memiliki frekuensi yang sama atau kelipatan bilangan bulat dari frekuensi itu. Dari penjelasan tersebut, kalian yang mempunyai gitar di asramanya, atau di kosannya atau mungkin yang di rumahnya, dapat dibuktikan dengan kita memetik salah satu senar gitar yang terpasang di gitarnya. Apa yang terjadi? Coba saja dan sesuaikan peristiwa yang terjadi dengan penjelasan RGB yang saya posting di sini.

Resonansi sangat penting di dalam dunia musik. Dawai tidak dapat menghasilkan nada yang nyaring tanpa adanya kotak resonansi. Pada gitar terdapat kotak atau ruang udara tempat udara ikut bergetar apabila senar gitar dipetik. Udara di dalam kotak ini bergerak dengan frekuensi yang sama dengan yang dihasilkan oleh senar gitar. Tanpa adanya kotak atau ruang udara pada gitar  kalian tidak dapat mendengar nyaringnya bunyi daripada gitar tersebut.

Nah, seperti itu saja yang dapat saya jelaskan dalam artikel ini.

Saya Yusuf Yunadian_1301150012_IF-39-12, terimakasih.

images_3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *