Gitar Sebagai Bentuk Aplikasi dari Peristiwa Resonansi Gelombang Buni

gitar-akustik\

Di artikel saya  ( Yusuf Yunadian) sekarang ini , akan membahas tentang gitar. kenapa sih gitar? tidak drum atau bass atau alat musik lainnya, atau mungkin bukan alat musik yang dibahas?? Karena sebenarnya artikel yang saya publish ini semata-mata untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Praktikum Fisika Dasar (insyallah saya membuat artikel ini dalam keadaan ikhlas), kebetulan saya mendapat bagian untuk membahas “Resonansi Gelombang Bunyi” nah disini jawaban kenapa saya memilih alat musik, dan memilih gitar sebagai subjeknya. karena gitar disini merupakan bentuk pengaplikasian dari Peristiwa RGB.

Gitar merupakan alat musik yang paling banyak dipakai oleh musisi-musisi musik di seluruh dunia, karena dalam pemakaiannya yang mudah dan juga nada yang dihasilkan cukup mudah untuk dibuat melody (satu kesatuan dari nada).Kalo kalian merasa pencinta musik sejati pasti kalian tahu dia,

photo

 

ya Sungha Jung namanya, ia merupakan anak muda atau musisi gitar yang sangat pandai dalam hal melantunkan gitar dengan petikan-petikannya yang sangat lincah. Dia sebagai contoh orang yang mengabdikan kehidupannya dalam persitiwa Resonansi Gelombang Bunyi.

Oke cukup basa-basinya, dari tadi kita terus saja bahas tentang gitar-gitar-gitar, sampai ke pemain gitarnya. Sekarang kita bahas RGB. Apa sih RGB itu? RGB (Resonansi Gelombang Bunyi) adalah peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena ada benda lain yang bergetar dan memiliki frekuensi yang sama atau kelipatan bilangan bulat dari frekuensi itu. Dari penjelasan tersebut, kalian yang mempunyai gitar di asramanya, atau di kosannya atau mungkin yang di rumahnya, dapat dibuktikan dengan kita memetik salah satu senar gitar yang terpasang di gitarnya. Apa yang terjadi? Coba saja dan sesuaikan peristiwa yang terjadi dengan penjelasan RGB yang saya posting di sini.

Resonansi sangat penting di dalam dunia musik. Dawai tidak dapat menghasilkan nada yang nyaring tanpa adanya kotak resonansi. Pada gitar terdapat kotak atau ruang udara tempat udara ikut bergetar apabila senar gitar dipetik. Udara di dalam kotak ini bergerak dengan frekuensi yang sama dengan yang dihasilkan oleh senar gitar. Tanpa adanya kotak atau ruang udara pada gitar  kalian tidak dapat mendengar nyaringnya bunyi daripada gitar tersebut.

Nah, seperti itu saja yang dapat saya jelaskan dalam artikel ini.

Saya Yusuf Yunadian_1301150012_IF-39-12, terimakasih.

images_3

Jungkat-jungkit dan Buah Kelapa Yang Jatuh dari Pohonnya, sebagai Aplikasi dari Peristiwa Gerak Osilasi dan Jatuh Bebas

hsdj

Dari gambar tersebut apa yang dapat kalian tangkap? Oke itu bukan tentang anak kecil yang mungkin baru 5-6 tahunan lagi pacaran sambil main jungkat-jungkit. Coba fokuskan pandangan kalian pada papan yang berwarna ungu itu, ya itu jungkat-jungkit. Anak-anak itu yang kira-kira baru duduk di bangku TK, lagi bermain jungkat-jungkit. Oke kenapa sih jadi jungat-jungkit yang kita bahas _-, karena disini aku akan membahas jungkat-jungkit sebagai contoh dari peristiwa Gerak Osilasi.

Kenapa sih harus jungkat-jungkit yang menjadi bahasan kita disini, karena jungkat-jungkit memenuhi sifat dari gerak osilasi. Sebenarnya apa sih Gerak Osilasi itu? Gerak Osilasi atau Gerak harmonik sederhana adalah gerak bolak – balik benda melalui suatu titik keseimbangan tertentu dengan banyaknya getaran benda dalam setiap sekon selalu konstan. Seperti Jungkat-jungkit kalo misalkan dimainkan oleh dua orang, gerakan daripada jungkat-jungkit itu akan bergerak secara bolak-balik dengan satu titik keseimbangan tertentu.

Oke karena disini kita tidak hanya membahas tentang Gerak Osilasi, selanjutnya kita bahas tentang Gerak Jatuh Bebas.

jatuh-bebas

Nah kenapa gambar di atas kelapa, atau buah kelapa yang jatuh dari pohonnya? Kenapa tidak buah nanas, pepaya, manga dan buah lainnya. Terserah aja itu bebas, pokonya benda jatuh dari ketinggian tertentu itu merupakan contoh dari peristiwa Gerak Jatuh Bebas. Jadi apa itu Gerak Jatuh Bebas? Gerak jatuh bebas atau GJB adalah salah satu bentuk gerak lurus dalam satu dimensi yang hanya dipengaruhi oleh adanya gaya gravitasi.

Seperti penjelasan tersebut bahwa Gerak Jatuh Bebas itu jatuhnya lurus menuju pusat bumi, tidak berbelok ke kanan ke kiri apalagi balik lagi ke atas, itu tidak mungkin. Buah kelapa yang jatuh dari pohonnya itu jatuhnya lurus ke pusat bumi. Gerak jatuh bebas juga sering dikatakan dengan GLBB. Kenapa seperti itu? Karena baik GJB maupun GLBB, keduanya memilki percepatan yang konstan.

 

Nah segitu saja yang dapat saya (Yusuf Yunadian_1301150012_IF-39-12) sampaikan di artikel ini, kurang lebihnya mohon maaf.

GJB